Cerita ke Malang (3)

Halo halo! Lanjutin cerita sebelumnya lagi ya :D

Jadi pulang dari Bromo itu, saya mandi, istirahat, dan hablah hablah lainnya buat sore mencoba kuliner yang emang paling kepingin banget ke sana karena penasaran.

Beruntunglah sore itu bisa dapat gojek karena pas hari itu banget lagi ada demo angkot protes soal transportasi online di Malang. Dan, tempat makan yang ingin saya kunjungi itu adalah... tadaaaaa...!



Sate Landak Bu Ria. Tempat makan ini ada di daerah yang namanya Pakis dan itu cukup jauh dari Alun-Alun Malang, melewati beberapa hamparan sawah (tsaelah), ditambah bapak gojeknya juga nggak tahu tempat ini, malah di tengah-tengah perjalanan, bapaknya nanya:

"Mbak, tahu tempat ini itu dari mana? Teman?"
"Nggak Pak, saya googling aja kuliner di Malang, keluar deh Sate Landak Bu Ria, gitu hehehe"
si bapaknya geleng-geleng kepala, "Mbak... mbak... saya aja yang orang Malang nggak tahu ada tempat beginian. Lihat landak seumur hidup aja belum pernah. Hati-hati lho, tahu-tahu ntar sate ti*u*", bapaknya geleng-geleng lagi.

Di situ saya merasa seperti turis yang ngidamnya aneh banget, mungkin dalam hatinya si bapak heran, iki cah wedhok tho yo, cemacem ae!

Setelah sempat rada nyasar dan nanya-nanya orang sekitar, ketemu jugalah Sate Landak Bu Ria ini.



Pas ke situ, pas saya sendiri pelanggan yang ada, sepertinya yang melayani ya Bu Ria itu sendiri. Suasana tempat makannya sebenarnya rada-rada... apa ya... klenik gitu sih, haha! Berhubung di situ dijual pula obat-obat kuat, yaaa... bayangkan sendiri atmosfer yang adalah :p

Nggak lama pesan, disiapin, dibakar satenya, dan terhidanglah dia di depan saya, sepuluh tusuk sate landak, nasi, ditemani jeruk peras hangat.

Gimana rasanya sate landak?
Kalau ditanyain gitu, saya juga bingung deskripsiinnya, yang jelas dagingnya lebih besar daripada ayam, empuk dan kenyal juga. Pokoknya pas makan, kamu tahulah rasanya beda dari daging yang biasanya kamu konsumsi. Dengan bumbu sate, kecap, bawang, dan rawit itu ya pokoknya enak dan kwenyang!

Setelah selesai, sempat ngobrol sebentar sama Bu Ria-nya. Sayangnya, saya nggak sempat tanya-tanya tentang landak sama biawak yang jadi bahan makanan di sana karena ibunya mau mengantar (yang saya kira) suaminya buat ke dokter. Setelah dijemput sama anaknya yang nggak lama datang, pergilah mereka sekeluarga dan tempat makannya memang ditutup. Rasanya bersyukur sih bisa datang di saat yang tepat dan sempat mencoba apa yang diinginkan :)

Dari sini, saya pesan grab buat ke Malang Night Paradise. Berhubung tempat wisata ini baru buka pukul 18.00, maka dihitung-hitung kayaknya pas sampai sana pas sudah buka.

Malang Night Paradise ini ada di komplek perumahan gitu dan bertempat di Hawai Water Park. Jadi, pas siangnya dipakai tempat berenang, nah malamnya wisata lampion-lampion ini.

Sempat nyasar lama buat ke sana dan mulailah saya bikin pusing mas-mas grab:

Sampeyan ki mau ketemu siapa tho Mbak di sana?
Ooooh... tempat wisata tho, aku baru tahu mbak.
Mbak, hp-ku nggak bisa dipasang di depan-e mbak, sampeyan pegang yo terus tunjukkin jalannya, yo. (perempuan pasti tahu gimana horrornya kudu baca peta, warbyasa!)
Sampeyan dari Bandung ke Malang sendiri? Sen-di-ri?? Sampeyan ki nekad yo!
Sampeyan tadi dari tempat jemput, ngapain tho? (sumpahnya kalo saya cerita abis makan landak takut bikin masnya tambah stress, jadi cuma jawab, abis makan mas) :))

Ampun dah mas, ampuni saya.

Setelah nyasar-nyasar melewati hamparan sawah dan belok-belok jalan sana sini, sampai jugalah...!



Ini tempat wisata penuh dengan lampion-lampion warna-warni dengan berbagai bentuk, dari bunga, burung merak, kincir angin, panda, dll. Di jam-jam tertentu ada pertunjukkan yang disajikan, sudah dikasih jadwalnya dari pas kita beli tiket masuk. Ada juga wahana kecil buat anak-anak bermain.







Pas weekdays dan dekat-dekat baru buka juga, jadi belum terlalu rame banget, enak buat ambil foto sana-sini. Ada satu spot yang buat saya geli sendiri...


Anak kecil sudah diperkenalkan musik ajeb ajeb sedari dini, ck ck ck... hehe di ujung lorong ini ada gambar Taj Mahal, bisa jadi spot foto couple-an berasa ada di India, warna-warni pula :p

Sudah deh selesai lihat-lihat, saya balik lagi ke hotel.

Besoknya hari terakhir, saya cuman cari oleh-oleh dan makan siang di Toko Oen, rumah makan legendaris dan pas sebelahan banget sama hotel, kemudian packing, dan nongkrong di stasiun nunggu kereta buat pulang :)

_____________________________________________________________________


Dari jalan-jalan ke Malang ini, ada beberapa teman tanya, "Kenapa nggak coba cwie mie?" Saya sendiri juga heran iya juga ya kenapa, di sana malah nggak nyobain bakso sama sekali, haha!
Mungkin pertanda, pertanda harus ke sana lagi berarti :D

Ya begitulah, jalan-jalan edisi sendiri. Menyenangkan, kamu mau ke mana dan ngapain semuanya terserah kamu, tapi satu sisi kamu juga jadi lebih menghargai adanya kehadiran orang lain #aish


14 Oktober 2017
16.56
di rumah

cerita sebelumnya
Cerita ke Malang (1)
Cerita ke Malang (2)

Comments