Kangen

Waktu baru pertama kali masuk diklat, Pak Moyn tanya ke saya,
"Nggak takut masuk sini?"

Pertanyaan yang ambigu sebenarnya, yang ada di pikiran saya, takut kenapa? gedungnya? :))
Tapi ternyata ada lanjutannya, "banyak bayang-bayang Bapakmu"
Saat itu saya bilang, "Nggak". Padahal maksudnya menghindari topik-topik bapakmu bapakmu itulah, bikin nggak nyaman.

Tapi, seiring berjalannya waktu, ya... ada aja sih. Bukan takut, tapi lebih ke kangen. Kangen bapak sebenarnya bukan hal baru, dan nggak terkait sama tempat juga. Kalau dipikir saya takut masuk PTDI karena banyak kenangan Bapak, berarti seharusnya tempat yang paling 'menakutkan' itu ya rumah dong, iya nggak?
Sedihnya sebenarnya sekarang sih udah lebih terkendali. Saat-saat tertentu kadang juga lupa aja Bapak udah nggak ada. Cuman, tahu-tahu out of the blue, kayak ada yang nyentil hati aja dan jadi kangen, terus nangis. Kayak pagi-pagi sampai unit, buka jendela, terus ya udah terjadi aja kayak gitu tiba-tiba. Tergantung mood juga lagi gimana, tergantung lagi mengalami apa.

Saya nggak punya kesempatan bisa ngobrol sama Bapak sebagai dua orang yang sama-sama udah dewasa, walaupun kalau ingat Bapak orangnya gimana, di mata dia saya pasti masih aja anak kecil. Buat saya, seorang bapak itu punya andil buat ikut kasih masukan ke anak-anaknya perihal pilihan karir, teman diskusi juga soal kerjaan. Sayangnya, saya nggak punya kesempatan itu. Kadang saya ngerasain keresahan yang kayaknya bakal lebih baik kalau bisa diomongin ke Bapak.

Sering juga saya merasa lupa tampang Bapak tuh kayak gimana. Bukan lupa yang nggak ingat sama sekali gitu, mungkin lupa... rasanya gimana. Delapan tahun Bapak nggak ada di hidup saya tuh bikin suka mikir... kayak apa rasanya seandainya masih ada. Haaah~ begitulah.

Ponakan saya, Uli, yang nggak pernah lihat Eyang Said-nya itu nanya,
"Tante Isma nggak kangen apa sama bapaknya?"

Kangen, Li. Setiap hari. 




Comments