Lebaran 2015

Lebaran tahun ini pertama kalinya dirayain di Bandung seumur-umur hidup. Dari dulu, menjelang lebaran, pasti kalau nggak ke Yogya, Jakarta, atau Cianjur. Ini berarti, buat pertama kalinya jadi tuan rumah buat saudara-saudara yang datang. Capek... tapi banyak senangnya sih.
Apa yang didapat dari bantu-bantu masakin masakan lebaran? Saya jadi eneg sama yang namanya lidah :)) Ingat kemarin pas dari Yogya, bude saya nanya tentang lidah asin buat bahan bikin sup. Dengar kata 'lidah' diucapin aja, rasanya kayak udah mau muntah. Heu eum, saya masih bisa ngebayangin bau dan penampakan mentahnya, makasih deh, haha... Kita lihat ini bertahan berapa lama, ya.

Rumah rame, yang biasanya cuman berdua, leyeh-leyeh sampai eneg sendiri, tiba-tiba ada 14 orang aja di rumah. Tapi ini cuman bertahan satu hari aja sih, setelahnya udah berempat lagi aja di sini. 
 
Selang tiga hari lebaran, barulah saya ke Yogya. Ada insiden bodoh sekali yang saya lakukan. Jadi, sehari sebelum berangkat, Ibu tanya besok kereta berangkat jam berapa, berhubung yang pegang tiket memang saya. Kita naik kereta Lodaya Pagi (dari tahun ke tahun kereta pagi ini selalu berangkat jam 8). Berhubung sayanya lagi masuk angin plus bad mood karena belum juga dapetin tiket buat balik Bandung lagi, dan udah jereng mantengin tiket online lewat web, jadilah dengan sotoy-nya bilang kalau besok itu kereta berangkat jam 8 pagi.

Besokannya, tumben-tumben juga sih Ibu bisa siap-siap cepat, sekitar setengah tujuh kita udah berangkat ke stasiun, minta tolong satu orang porter buat bawain tas-tas. Pas porter tahu kalau kita bakal naik Lodaya, nyeletuklah doi, "Oh ayo Bu, sebentar lagi berangkat". Padahal saya udah niatin dari rumah, mau beli HokBen buat sarapan sama majalah buat bacaan. Bentar lagi berangkat darimane, pikir saya. Terus, saya lihat lagilah tiketnya, tertera di situ jam berangkat 07.20, bukan jam 8, sedangkan kita sampai stasiun itu jam 07.10. Anjir... berangkat jam 7 aja dari rumah, nggak jadi mudik kali kita, hahahah ;)) Sampai sekarang, saya masih ketawa sendiri ingat kebodohan itu (jangan ditiru, ya). Di kereta, AC luar biasa dingin, perut saya kacau banget rasanya (kebanyakan santan nih), tapi bolak balik WC, nggak ada yang keluar gitu, rese banget pokoknya. 

Di rumah Bude juga rame banget, ada Pakde Ndung dan Bude Rien, Mbak Tya dan anak-anaknya, sama Mas Ikhlas sekeluarga pastinya.

Mudik kali ini bisa dibilang apa ya... saya paling nikmatin sih. Nggak banyak jalan ke mana-mana sebenarnya, banyak di rumah, tapi banyak ngobrol dan main sama ponakan, anget rasanya :) Padahal saya sembelit tiga hari (Safe Toilet Syndrome, biasa~), tapi ya itu sih hampir tiap momen kebersamaan saya nikmatin banget. Tapi emang perut rasanya kayak gimana sih... lo susah boker, tapi makanan masuk mulu, kan gimana ya~ makanya penting puasa itu emang, haha!

Setelah tiap pagi mantengin tiket online, dapet juga akhirnya tiket buat pulang, haaaah leganya! Nggak ada yang dikejar buat cepat pulang emang, tapi saya juga nggak mau terlalu lama aja. 

Saya pulang Jumat malam, naik kereta tambahan jam 11 malam (iya, kali ini tiketnya saya pelototin berkali-kali, haha), sampai-sampai bener-bener mastiin itu bukan Kamis malam, haha!
Jumat siang, abis salat Jumat, Mas Ikhlas ngajakin saya buat jalan-jalan ke Psikologi UGM (iya, ini masih dalam rangka ngebujuk saya lanjut sekolah lagi). Keren emang kampusnya dibanding Unpad (ups), Mas Ikhlas sampe ngomong gini,
"gimana, Is? kampusnya nggak serem kayak Unpad, kan?"
"nggak sih, Mas... tapi ya... nggak tau ya dalemnya serem apa nggak"

Udah deh pulang, saya packing packing buat malamnya. Sampai dateng deh jam 9 malam. Kita pamit-pamitan. Saya paling sedih pisah sama Uli, ponakan saya umur 5 tahun. Anaknya ceriwis, kadang manipulatif, gengsian juga, tapi saya sayang, gimana dong, hehe...
"Tante Isma mau pulang ke mana tho?"
"Ke rumahku lah, di Bandung..."
"Lho... rumah tante Isma itu kan di rumahku"

Awwww... pas udah mau berangkat, saya sun itu bocah, dianya protes, "Jangan sun tho, nggilani!".
"Ya udah deh, tante nggak ngesun ngesun lagi". Eh anaknya malah ngerengek minta lagi, piye!

Untunglah Uli udah 5 tahun ya, udah cukup buat inget saya itu siapa. Terakhir main-main sama dia pas masih di Semarang, Uli masih hampir umur 2 tahun, abis itu ketemu lagi udah lupa sama saya, sedih banget Tapi sekarang bahagia rasanya bisa ngedeketin anak itu lagi :D

Begitulah cerita lebaran kemarin, saya sendiri takjub sih... rasanya lebih santai aja orangnya, nggak terlalu grumpy, heee.

Senang udah pulang lagi walaupun senat senut juga sih kudu mikirin hirup urang deui, haha. Semangatlah yaaa...! Udah diisi ulang cukup banyak, kok :)



Comments

Unknown said…
Jejen psikologi ugm ga serem. Aku seneng masuk di klinisny *promosi. Bhahahahaha~