latest 6 months on 2010

"I hope the exit is joyful and I hope never to return"
(Frida Kahlo)

Penggalan quote dari Frida Kahlo itu yang terakhir saya jadikan status facebook di malam pergantian tahun baru ini. Kata-kata ini katanya tertera di diary sang tokoh di waktu-waktu menjelang kepergiannya.

Well, saya belum mau meninggal kok, dan saya rasa Tuhan juga belum mau manggil saya *sotoy..:p
Tapi, buat saya kata-kata di atas itu cukup merepresentasikan apa yang saya rasakan di tahun 2010 ini, terutama di 6 bulan terakhir 2010.

Di awal semester perkuliahan saya, saya berharap tentu saja bisa lebih baik dari semester kemarin ditambah pula saya mengulang dua mata kuliah dan saya nggak mau menyia-nyiakannya... juga, di semester ini, saya gunakan uang pemberian pakde saya untuk biaya kuliah. Jadi, saya ingin berusaha keras untuk menghadiahi pakde saya itu dengan menjalani kuliah secara total...

Manusia berencana, Tuhan menentukan. Ya, dan rencana saya tak sesuai dengan ketentuan dari Tuhan... Semester ini adalah waktu dimana saya sangat sering bolos kuliah, bolak-balik kampus dan rumah sakit. Iya, saya dikasih sakit. Sakit yang pada awalnya harus wara-wiri oper sana-sini makan biaya banyak... dan tertemukanlah : okuler myositis itu (pembesaran otot bola mata) yang efeknya sering membuat saya migrain dan kalau sudah begitu sakit saya bisa sampai mual dan muntah....
Penyakit saya itu sempat membaik di bulan-bulan september-oktober, tapi ternyata nggak sembuh total. Akhirnya, saya dioper ke jakartalah dan berakhir di bandung kembali, tapi pindah dokter...
Obat yang diberikan sih sama cuman cara minumnya aja yang beda. Saya minum 5 tablet masing2 dosis 16 mg tiap pagi. Berasa orang kayak mau bunuh diri tiap pagi. Efek dari obat itu? saya sudah diwanti-wanti oleh dokter sebelumnya kalau memang obat itu akan membuat saya cepat lapar, pipi membengkak, dan jerawatan, aaaannnd that was happened to me...

di penghujung akhir tahun, saya terkena usus buntu. Ya, di minggku terakhir kuliah, bagian perut kanan saya sakit sekali. Tapi saya belum tahu pasti itu sakit apa, entah usus, entah ginjal, entah disminorhea (gininih efek siklus menstruasi nggak teratur, nggak bisa bedain sakit ini-itu :p). Karena saya nggak tahu saya sakit apa dan saya masih berada di Jatinangor, akhirnya saya obati pake Kiranti *eh tapi ngefek lho! sorenya saya bisa agak maksain buat jalan...
Beruntungnya saya esok harinya adalah hari terakhir kuliah dan sore saya bisa pulang ke rumah.

Jumat, saya pergi ke rumah sakit. Tapi, saya diminta untuk USG dikarenakan kalau saya memang kena usus buntu pastinya saya udah kesakitan sekali. Dan tahu kenapa saya tidak merasakan sakit itu? karena efek obat mata tersebut yang memang sejenis steroid...
Hmmmm... saya juga diminta untuk cek darah...

Sabtunya,ketika saya kembali ke rumah sakit untuk konsul hasil cek darah dan USG, kagetlah saya, karena dari kemarin saya dicari2 pihak rumah sakit dikarenakan hasil gula darah saya mencapai..... 500 mg/dl (dengan batas normal 75-150mg/dl). Dokter saya udah khawatir kalau2 saya pingsan di jalan karena gula darah saya tinggi banget (tapi lagi-lagi ini efek si steroid itu, kawan....)

ditambah pula saya positif kena usus buntu... jadi hari itu dimana saya nggak ada persiapan apa-apa, masuk rumah sakitlah saya...
reaksi saya waktu itu?
sedih... bahkan saya sampai meneteskan air mata... bukan, bukan karena usus buntunya, tapi karena gula darahnya...

Tahu rasanya setiap kali orang terkaget mendengar hasil gula darah saya?
Oh God... feels like... what... an abnormal person? ah begitulah~~~~

pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan

'emang ada keturunan diabetes?'
'suka minum-makan manis-manis ya...'
'hati-hati pilih makanan is...'

Selama dirumah sakit pun saya merasa begitu stress. Tidak ada keluarga yang menemani waktu malam hari karena kebetulan saya dapat yang kelas 3 dengan 8 tempat tidur satu ruang dan sebelah saya adalah pasien yang sangat sekarat, persissss di sebelah saya...

Setiap malam pasti dia gelisah... saya selalu ketiduran bukan tidur...
dan di malam keempatnya, beliau meninggal... dan saya mendengar setiap rintihan, teriakan, keluahan sakaratul mautnya... well, i think i'm gonna be insane that night...
saya menangis, takut benar-benar takut...
bahkan sampai sekarang terkadang teriakan-teriakan beliau masih terngiang di telinga saya...

Hhhhh~~~ dan saya masih harus tinggal di rumah sakit hari itu karena gula darah saya masih belum stabil. Rasanya benar-benar seperti mau gila di sana, siang-siang setelah keluarga beliau sudah pergi semua bahkan saya menangis, saya sendiri dan saya takut sekali waktu itu...
Malam itu saya minta ibu saya menemani... dengan begitu saja saya masih kebangun-kebangun...

Tapi, alhamdulillah besoknya saya sudah boleh pulang...
Sekarang saya masih dalam rangka rawat jalan menyangkut mata saya itu dan diabetes saya...

Kalau boleh saya gambarkan di tubuh saya sekarang seperti ada perang... Well, si steroid itu masih berlanjut tapi dosisnya sudah mulai diturunkan. Tapi, ya obat itu yang membuat gula darah saya naik-turun... sedangkan dokter penyakit dalam saya, kasih saya insulin, Jadi...sekarang saya udah lihai nyuntik diri sendiri...
sedih sih rasanya, tiap mau makan juga jadi parno...

Nggak mudah untuk saya merubah pola hidup saya walaupun saya pikir ke depannya baik untuk saya, but the process is sooooo hard... terkadang saya merasa kecil hati, makan pagi-siang-malam harus suntik dulu, 3 hari seminggu cek gula darah dengan self-injury yang pake jetrekan alat cek gula darah itu...

Tapi... seiring berjalannya waktu saya merasa mulai terbiasa dengan rutinitas suntik menyuntik ini... Kadang rasanya masih sedih juga sih, terutama kalau saya ingat 'keberadaan' tubuh saya dengan gula darah yang naik-turun... sampai sekarang hasil terendah gula darah saya 92 mg/dl dan tertinggginya 323 mg/dl... Hafal karena saya harus bikin laporan ke doketr saya, heheheheh...
Gula darah saya bisa begitu sangat tinggi, tapi bisa begitu hipo, what a poor my body ya...

It's just a matter of time... saya sempat marah sama ibu saya, marah sama Tuhan bahkan... terlebih sebenarnya saya marah sama diri saya sendiri...

Tapi masa-masa itu sudah berlalu sih, sekarang saya lebih ambil sisi positifnya aja. Pola makan saya berubah dan ternyata... i feel healthier :D
Rasanya lebih segar aja gitu,lepas dari naik-turunnya gula darah itu yang kadang bikin pusing... t

semoga semuanya bisa lebih baik dan saya benar-benar bisa lepas dari si steroid maupun si insulin ya...

itulah 2010 saya dan saya berharap 2011 saya tidak jatuh sakit seperti saat ini lagi
amin~~~~

Selamat Tahun Baru semuaaa ;)

ps: tanyalah segala efek samping dari obat yang diberikan dokter pada anda, percayalah... ketika efek sampingnya berat, rasanya seperti patah hati bahkan ketika anda belum pernah merasakan patah hati itu seperti apa, TRUST ME!

Comments

wah, jejen, ngga nyangka km kuat banget!
aq aja ngeliat orang lain sakit pengen nangis apalagi ngalamin sendiri...
but hope the best for you in this 2011! let's rock!!--sok iyeh :P
sagarmathaz said…
andai aku bisa berada disana saat itu,
KENAPA KAMU GAK BILANG????
dasar jahat, udah lupa punya temen aku,,, ya udahlah gak bisa berkata2 lagi, semoga Allah kasih yg terbaik buat kamu
sagarmathaz said…
maaf jg tapi q jarang buka fb mu,jadi gak ngerti
Unknown said…
deiz: doain aku sehat ya deiz... mudah2an kamu juga dapat yang terbaik di tahun ini :D

zenny: ntong pundung... aku nggak mungkin lupa punya sahabat sehitam kau :*
Furusawa Hana said…
jeeeeeeennnnnnnnnn ;(

jejeeeeeennnnnn.... sing sehat ya jen, sehat sehat sehat, :)
amin ya Allah, aamiin...