passion

saya ingat pernah membuat suatu postingan mengenai passion saya yang waktu itu masih saya rasa begitu samar2...
kemarin ini baru saja saya baca sebuah buku yang waktu saya baca buku itu, hmmm... rasanya dada saya membuncah *ceileh... iya deh, rasanya tuh begitu excited sampai membuat saya merasa harus membuat hal seperti ini di kemudian hari.

Buku itu berjudul Orang Indonesia Tionghoa Mencari Identitas
ya ya ya lagi2 tentang hal berbau tionghoa kan hehehe...

Buku itu adalah salah satu penelitian seorang Aimme Dawis, Ph.D. waktu beliau berjuang mendapatkan gelar doktornya.
Inti dari penelitian itu sih tentang kaitan media film dan film seri Mandarin terhadap identitas diri remaja Tionghoa era setelah 1966 dimana waktu itu terjadi suatu pembatasan terhadap segala sesuatu yang berbau ketionghoaan.
Baca buku ini selain memang membangkitkan minat saya dalam hal diskriminasi pada etnis Tionghoa itu juga sedikit bernostalgia sama film2 mandarin yang booming era 90an, salah satunya The Return Of The Condor Heroes ALIAS Pendekar Rajawali yang tokoh2nya itu Yoko (Andy Lau) dan Bibi Lung (Chen Ie Lian).

Penelitian ini sifatnya kualitatif dan tekniknya pake FGD, yah... nggak asing dari kuliah2 yang saya dapat di semester kemarin kan. Lucu deh waktu ada pemaparan para peserta penelitian tentang memori2 mengingat media2 impor mandarin saat itu. Bahkan ada yang nempelin posternya Andy Lau di pintu depan kamarnya. Hahahahhaha :)) saya jadi ingat jaman SD dulu.

Tentu saja, inti yang saya tangkap dari penelitian itu bahwa ada peranan media2 impor ini dalam pembentukkan jati diri seorang Indonesia-Tionghoa khususnya yang lahir di era setelah tahun 1966. tapi semuanya itu memang bergantung pada latar belakang keluarga, agama, dan juga gender masing2.

saya sempat search apa Mbak Aimee ini punya facebook apa nggak dan ternyata ada. Jadi, ya saya kirim message aja sebagai apresiasi dari penelitannya itu dan disambut baik sama yang bersangkutan, heheh... terima kasih ya, Mbak Aimee sudah berbagi ilmu :)



credit:
Dawis, Aimee.2009.Orang Indonesia Tionghoa Mencari Identitas.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

http://indoculture.files.wordpress.com/2010/05/unddpn-indonesiationghoa.jpg

Comments