petuah

sebenarnya udah lama saya pengen mempostingkan postingan baru *bahasa apalah ini ya...
hehhehe.. tapi ternyata emang baru terwujud sekarang...

oke, saya mulai cerita ya...

semester ini lumayan santai dibanding semester kemarin, santai di awal sih... akhir2 pada datang semua kayak setan, hahahahha... mungkin kesantaian itu juga muncul dari ke-GJ-an mata-mata kuliah semester ini :p terbukti dari UTS2 yang banyak dikomentari oleh teman2 saya sebagai soal yang 'ajaib', hmmmm...

semester ini juga akhirnya saya ngambil mata kuliah pilihan (baca: terpaksa) karena eh karena memang saya nggak bisa ambil satu mata kuliah yang.... dikarenakan kasus angkatan saya sama seorang dosen *taulah siapa lagi ya, kan?

tadinya saya nggak mau ambil mata kuliah pilihan karena emang saya malas, waktu itu saya mikir yaudalah saya bakalan ambil kalau memang sudah saatnya angkatan saya ambil kesempatan itu, tapi setelah dipikir2 dan setelah saya merasa 'digantungin' masalah kasus dengan dosen tersebut, akhirnya saya ambil juga, dan mata kuliah itu adalah psikologi lingkungan...

waktu teman seperwalian saya ada yg nanya mata kuliah itu belajar apa? saya cuma bilang 'nggak tau', dan dia heran... yaeyalah emang saya nggak tau, masalahnya waktu itu emang ada matkul pilihan lain yang jadi lirikan buat anak2 berkasus ini, dan saya tidak berminat akan kuliah itu, dan untung saja kelasnya emang nggak ada karena kuotanya nggak cukup, hahhahahaha *ketawa setan :))

hmmm, singkat cerita akhirnya fix-lah saya ambil psikologi lingkungan ini... materinya ya kurang lebih sih tentang interaksi manusia sama lingkungannya, gimana kedua aspek ini emang saling berpengaruh satu sama lain...

tenang... saya nggak mau ngasih kuliah kok disini :p yang mau saya ceritain itu ttg pengajarnya, Bang Zul *sebut merk nggak apa kan ya?

oke... kesan pertama saya terhadap beliau itu, baik sekali, neranginnya lumayan enak, walau kadang jeda antara ngomong lama, jadi bikin agak canggung gimanaaa.. gitu tapi baru hari ini saya sadari kalau hening sesaat itu tercipta karena beliau nungguin kita selesai nyatet slidenya...

dari penyajian slide sendiri cukup high tech lah si abang daripada sekadar slide dengan latar belakang putih dan teksnya yang hitam, tapi ini pake design template dan juga animation yg sederhana, kadang juga pake foto2 hasil jepretan beliau yg nunjukin tempat/budaya daerah/negara tertentu, jumlah si slide juga paling berkisar 11-15 doang jadi nggak sampe sejibun2 kayak beberapa dosen *yg kalo dah buka powepoint pasti saya merhatiin bagian kiri bawah layar dan tercantum slide 1 of 50 APWAAAAHHH LIMA PULUH... * begitulah kira2...

beberapa kali kuliah lingkungan saya jalani, saya jadi makin kagum *ceileh kagum* sama dosen yang satu itu, beliau itu ya kalau saya bilang punya integritas dan disiplin yang bagus banget...
pernah saat kuliah minggu lalu, waktu beliau lagi nerangin ttg oxygen deprivation, tiba2 beliau nyerempet2 ttg skripsi dan mulailah dia bercerita kalau skripsinya cuma butuh waktu 3 bulan sampai akhirnya lulus, dan mahasiswa2nya cuma o_____O *waaaawwwhhh...

'iya... ngapainlah skripsi lama-lama, apa sih yang dikerjain... modalnya semua ada di kita kok, disiplin.... apa yang terbaik dari kalian lakukan setiap hari buat skripsi, jangan mentang-mentang udah leha-leha... jadi kesantaian... jangan juga jadi orang yang 'sok' perfeksionis, mending kalau content, sringnya kan masalah bahasa, apa sih bahasa, bahasa itu selera kok.... kalau memang dosen pembimbing mempermasalahkan, tanya maunya kayak gimana, ikuti... '

kurang lebih seperti itulah... waktu beliau cerita panjang lebar itu saya cuma wawwwwww seperti ada sinar2 di sekitar Bang Zul-nya *a little bit of lebay, but that's what actually i felt at that moment* hmmmm... si abang juga cerita ttg interest-nya beliau di bidang lingkungan terutama masalah pencemaran, polusi, dan sejenisnya... sampai2 beliau bilang

'kalau kalian memang minat disini, saya mau membimbing, 3 bulan kalian selesai sama saya, asal... itu tadi disiplin dan kalian mau ngikutin saya'

huwaaaaaaaa *___* bahkan ya beliau ngasih beberapa alternatif judul beserta kisi-kisi alat ukur yang bisa dipake, aje gile....
quote di atas terdengar seperti promosi ya? dan beliau pun jawab...

'saya bukannya promosi ya, wong bimbingan s2-s3 aja dah banyak, belum lagi urusan rektorat'

dan kita pun cuma senyum2...

satu hal yang paling saya kagumi dari beliau, yaitu ttg disiplin...
saya ingat banget pernah satu waktu beliau minta ke kita untuk kuliah berikutnya dijadwalin siang karena beliau ada urusan di jogja, tapi bakal tetap ngajar begitu sampai di bandung siang harinya... dan omongan itu terbukti, emang ngaret 1 jam, tapi itu karena pesawatnya yg delay, kebayang nggak sih capeknya kayak apa baru dari jogja dan langsung ngajar, dan tahu? di magisternya waktu itu nggak ada yang nyediain minum, kelihatan bgt si abang haus, kasian... *bari jeung teu ngalakuin nanaon :p

pernah juga satu waktu hari jumat tuh libur, kita kira sabtu bakal nggak ada kuliah lah ya karena hari kejepit, ternyata tetap ada -_______- dan yang masuk cuma sekitar 7 orang, dan pegawaipun meliburkan diri sampe kuliah nggak pake infocus...
minggu depannya dah banyak lagi, dan beliau sempat bilang gini

'kok banyak sekarang yang dateng? kemarin liburan ya? saya aja nggak liburan...'
dan kita pun hanya senyum2 nggak enak :p

hmmmmmmmm, begitulah...
saya hanya merasa bahagia... ngerasa ada satu meaning dalam ngikutin kuliah tuh.... walaupun gosip2nya sih UAS-nya susah, tapi justru disitu tantangannya...jadi mikir yang namanya mahasiswa tuh, nggak hanya sekadar hafal...

yah... semoga semangat ini tetap ada, setidaknya saya merasa bahwa masih ada ternyata dosen yang punya integritas seperti itu :)




Comments

Chisna Aisha said…
waw... nice post.. ternyata ini tentang sang dosen ya.. hehehehe.. :D